5 Cara mengatasi nafas berlebihan atau Hiperventilasi

by -76 views

5 Cara mengatasi nafas berlebihan atau Hiperventilasi – Nafas berlebihan atau bisa kita sebut dengan megab megab sangatlah menggantu apalagi kalau kita sedang di hadapkan dengan presentasi dan nafas kita tidak teratur hal ini bisa mengacaukan proses presentasi kita.

Maka dari itu admin akan memeberikan tutorial 5 Cara mengatasi nafas berlebihan atau Hiperventilasi langsung saja.

1. Bernapas dengan mengerucutkan bibir

Jika hal di atas sudah pernah anda amani anda bisa mencoba bernapas dengan memonyongkan bibir atau Bernapas dengan mengerucutkan bibir membantu mengatasi sindrom hiperventilasi. Caranya dengan mengerucutkan bibir sama seperti ketika Anda akan hendak meniup lilin ulang tahun.

Kemudian, tarik napas dari hidung, jangan lewat mulut. Lalu, embuskan napas melalui celah kecil di antara bibir. Ulangi hingga Anda merasa lebih baik.

2. Bernapas perlahan dengan bantuan kantong kertas

Cara lainnya yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi hiperventilasi adalah bernapas dengan menggunakan kantong kertas. Cara ini cukup efektif karena udara akan terkumpul di dalam kantong untuk Anda hirup kembali. Namun, jika tidak ada kantong kertas atau plastik, Anda juga bisa menangkupkan tangan seperti mangkuk untuk menampung udara.

3. Bernapas dalam-dalam

Untuk membantu diri Anda agar lebih tenang saat mengalami hiperventilasi, cobalah untuk bernapas dalam-dalam. Meski awalnya sulit tetapi Anda bisa melakukannya secara perlahan. Coba hirup napas dalam-dalam dari hidung kemudian tahan selama 10 hingga 15 detik sebelum diembuskan melalui mulut.

 4. Akupunktur

Akupunktur bisa menjadi salah satu pengobatan yang cukup efektif untuk mengatasi sindron hiperventilasi. Jika Anda selama ini kerap mengalami hiperventilasi setiap kali panik, cobalah datang ke ahli akupunktur untuk melakukan terapi.

Dikutip dari Healthline ada sebuah penelitian yang menemukan bukti bahwa akupunktur membantu mengurangi kecemasan dan keparahan hiperventilasi.

5. Obat-obatan

Tergantung pada tingkat keparahannya, dokter biasanya akan meresepkan berbagai obat untuk mengatasi kekambuhan kondisi ini. Beberapa obat yang biasanya diresepkan untuk mengatasi hiperventilasi yaitu:

Alprazolam (Xanax)
Doxepin (Silenor)
Paroxetine (Paxil)

Nah itulah 5 Cara mengatasi nafas berlebihan atau Hiperventilasi semoga bermanfaat.
Baca Juga :

 5 cara mengatasi hp android cepat panas terbukti ampuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *